10 Tips Bermain Saham untuk Pemula Agar Minim Resiko



Investasi merupakan salah satu aktivitas yang dapat Anda jalankan sebagai alat untuk mengembangkan dana yang Anda miliki. Terdapat berbagai jenis investasi yang dapat Anda pilih sebagai alat, namun investasi yang memberikan keuntungan terbesar adalah investasi saham.

Sebagai pemula, tentunya Anda membutuhkan ilmu dan tips untuk mengembangkan dana investasi dengan meminimalisir resiko. Beberapa cara di bawah ini akan membantu Anda untuk menjalankan ivestasi saham dengan 0 resiko.

10 Tips Bermain Saham sebagai Panduan Bagi Pemula

Berikut beberapa tips bermain saham khusus bagi Anda yang masih pemula yang bisa Anda jadikan panduan.

1.       Memahami Tentang Investasi Saham
Sebelum masuk dan investasi saham, pastikan untuk riset terlebih dahulu tentang pengertian dan cara kerjanya. Pastikan untuk memahami esensi dari aktivitas yang akan Anda kerjakan. Hal ini akan memberikan informasi awal pada Anda sehingga akan mudah memperoleh keuntungan.

2.       Lakukan Diversifikasi
Diversifikasi merupakan pembagian dana antara dana pribadi maupun dana investasi. Jika memiliki dana, pastikan untuk tidak menaruh semua uang yang Anda miliki dalam investasi saham. Sisihkan sebagian dana Anda untuk dana darurat yang sewaktu-waktu dapat menjadi penolong bagi Anda.

3.       Tentukan Perusahaan Sekuritas Yang Tepat
Ketika Anda akan melakukan investasi, perusahaan sekuritas merupakan partner bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan. Memilih perusahaan sekuritas dan broker terbaik dan terpercaya tentu akan memberikan ilmu serta tujuan mencapai keuntungan dalam waktu singkat.

4.       Pahami Aktivitas Trading Pada Aplikasi
Setelah mendaftar pada perusahaan sekuritas, tentu Anda akan diberi akses untuk log in ke dalam aplikasi. Pastinya, disana terdapat banyak aktivitas saham yang dapat Anda pelajari. Disini Anda juga dapat melakukan simulasi dengan saham dan uang virtual yang tidak berpengaruh dengan dana yang Anda miliki.

5.       Hati-Hati Dalam Mengambil Keputusan
Memperoleh keuntungan dalam waktu singkat merupakan keinginan semua orang dalam berinvestasi. Namun, keinginan tersebut harus seimbang dengan usaha yang Anda lakukan. Pastikan untuk terus selalu berhati-hati karena Anda adalah seorang pemula yang masih belum mengetahui pasar saham.

6.       Ketika Harga Saham Turun, Langsung Beli!
Naik turunnya harga saham tentu menjasi salah satu permainan yang mungkin menyenangkan bagi pemain saham. Ketika harga saham berkurang, segera beli saham. Namun ketika harga saham terus turun, pastikan untuk sabar menunggu karena terdapat kemungkinan kenaikan pada trading.

7.       Pilih Saham Dengan Nominal Yang Rendah
Setelah merasa mampu dan siap, mulailah untuk membeli saham. Pada dasarnya, broker menyediakan layanan untuk mengelola dana yang Anda miliki untuk membeli saham. Sehingga Anda tidak perlu memantau setiap pergerakan saham dan hanya mengandalkan kepercayaan dari broker tersebut.

Sedangkan apabila Anda ingin mencoba dan mengelola investasi yang dijalankan, pastikan untuk membeli jenis saham yang terkenal dan dengan nominal yang rendah. Nominal yang rendah tentu akan memberikan resiko yang rendah pula. Oleh karena itu Anda dapat memilih cara ini sebagai salah satu solusi untuk mengembangkan saham yang telah dimiliki.

8.       Sabar
Proses menjalankan investasi saham tentu tidak mudah, banyak sekali rintangan mulai dari pengambilan keputusan hingga pada saat setelah keputusan tersebut di ambil. Ketika Anda sabar menjalaninya dan rela menunggu, keuntungan besar akan menghampiri Anda.

9.       Menikmati Proses Investasi Saham
Meskipun harga saham memiliki kenaikan dan penurunan, namun Anda juga harus menikmati prosesnya. Anda tidak perlu melihat trading setiap waktu karena akan menimbulkan stress. Anda dapat melihat laporan saham serta dapat berdiskusi dengan broker dalam mengambil keputusan. Sehingga Anda tidak akan merasa berat dan menikmatinya.

10.   Mulai Dengan Modal Kecil
Meskipun tidak memiliki modal yang besar, kini tersedia perusahaan sekuritas yang menyediakan setoran awal dengan modal kecil. Sehingga Anda dapat mendaftarkan diri jika ingin memulai investasi saham dengan dana minim sekalipun.
10 cara bermain saham di atas dapat menjadi salah satu panduan jika Anda ingin melakukan investasi saham dengan resiko yang rendah. Pastikan untuk menjadikan tips di atas sebagai alternatif pilihan untuk berinvestasi saham. Selamat mencoba!


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Tips Bermain Saham untuk Pemula Agar Minim Resiko"

Posting Komentar