Panduan Lengkap Cara Flash Xiaomi Redmi 2 100% Berhasil


Prosedur yang mirip dengan instalasi ulang yang kerap dikenal dengan flash adalah kebutuhan yang hampir mungkin akan selalu dibutuhkan bagi para pengguna ponsel pintar jenis android, entah karena masalah dengan custom ROM atau karena memang timbul problem dari update operating system-nya sendiri. Well, biasanya keadaan ini berakhir dengan kondisi yang biasa disebut bricked baik itu softbrick ataupun hardbrick. Kondisi perangkat telfon pintar pada saat ini mungkin berada dalam kondisi yang tidak bisa boot sama sekali, seperti tidak ada baterai didalamnya. Untungnya Xiaomi telah menyiapkan prosedur yang canggih untuk masalah ini. Dan berikut beberapa cara flash xiaomi redmi 2.

Flash Fastboot ROM dengan Mi PC Suite
  • Unduh dan instal driver ADB dan fastboot untuk smartphone kalian.

o   Untuk tahap ini, pastikan kalian memilih dan menginstal ADB yang tepat karena kesalahan pada tahap ini tidak akan membantu proses flash ke depannya.
o   Download aplikasi dari link ini untuk mendapatkan setup dari ADB https://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2588979
o   Instal aplikasi tersebut sampai kamu berhasil menempatkan fastboot folder di komputer kamu biasanya di C:\adb
o   Lanjut, akses telfon kamu dan buka settings dan head on ke Developer mode.
o   Sambungkan smartphone kamu ke laptop dan nanti seharusnya akan muncul ADB Interface di list Device Manager laptop atau PC kamu.
o   Update software dari device dengan label ADB Interface tersebut dan tunggu sampai kamu dapat menginstal certificate yang mendeteksi perangkat Android kamu.
o   Setelah selesai, buka folder C:\adb dan run command prompt di dalam folder tersebut. Untuk melakukan ini, tahan tombol Shift pada keyboard dan klik kanan pada ruang kosong folder.
o   Sekarang, harusnya kamu bakal liat window command prompt dengan daftar perangkat Android yang terpasang. Ini berarti driver telah diinstal dengan benar dan Android kamu undah berhasil terhubung ke PC. Dari sini kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya dari cara flash xiaomi redmi 2 kamu.
  • Setelah instalasi ADB selesai, Unduh MI PC Suite.
  • Lanjut, matikan perangkat xiaomi redmi 2 kamu dengan menekan tombol Volume down dan tombol daya secara bersamaan untuk masuk ke mode Fastboot.
  • Setelah sampai pada tahap ini, kamu perlu sambungkan perangkat ponsel pintar kamu ke PC Windows / laptop melalui kabel micro USB..
  • Sekarang buka Mi PC Suite di komputer kamu dan kamu akan bisa lihat ponsel kamu di layar App dengan pesan yang terhubung.
  • Setelah ponsel kamu terhubung, kamu akan melihat layar popup baru pada Mi PC Suite kamu dengan file Fastboot ROM. Ada banyak ROM yang tersedia dan biasanya dikategorikan dalam pilihan yang stabil dan beta. Kami saranin kamu untuk pilih opsi yang stabil.
  • Proses pemilihan ini akan kemudian mengunduh semua file Fastboot dan mem-flash-nya di ponsel kamu.
  • Kalau kamu ga bsisa melihat file ROM di layar PC Suite kamu. Buka Mi PC dan Pilih opsi Perbarui> Flash.
  • Sekarang harusnya kamu bisa lihat opsi untuk mem-flash ROM Fastboot di ponsel pintar kamu dan jangan lupa untuk pilih build yang udah stabil.
  • Siapin kopi sembari menunggu beberapa menit sampai proses flash-nya selesai.
Seperti yang telah kami jelaskan diatas, ada cukup banyak cara flash xiaomi redmi 2 dan cara yang berikutnya akan membutuhkan sedikit langkah namun tetap perlu perhatian yang telaten.

Cara Flash Xiaomi Redmi 2 dengan Mi Flash

1. Unduh MIUI ROM dan ekstrak di komputer atau laptop kamu.
2. Setelahnya unduh Mi Flash & jangan lupa untuk diinstal di laptop kamu. Sebelumnya perlu dicatat bahwa kita berbicara dalam environment Windows jadi buat pengguna MacBook atau Linux, langkah-langkah ini tidak akan bekerja dengan baik.
3. Pastikan kamu telah menginstal Driver USB yang tepat. Selain itu juga, pastikan kamu telah mengaktifkan fitur Unlocked Bootloader pada perangkat kamu.
4. Lanjut, Buka Aplikasi Mi Flash Tool dari Start Menu. Klik tombol “Select” & pilih folder Fastboot ROM yang telah kamu ekstrak tadi di langkah pertama.
5. Selanjutnya, Sambungkan perangkat Xiaomi kamu yang telah berada dalam Mode Fastboot. Untuk mem-boot smartphone kamu ke Mode Fastboot, matikan dulu ponselnya. Setelah itu, tekan tombol Power on + tombol Volume down secara bersamaan. Tahan tombol ini sampai Logo Fastboot (Mi Bunny) muncul. Jeng jeng ! kamu berhasil boot ke Mode Fastboot.
6. Setelah boot ke Mode Fastboot, sambungkan smartphone kamu ke komputer menggunakan Kabel USB. Kalau kamu udah menginstal driver maka tidak apa-apa juga karena Windows akan menginstalnya secara otomatis kalau kamu belum menginstal driver-nya.
7. Didalam Xiaomi Flash Tool, Tekan tombol "Refresh". Tombol ini akan menunjukkan jika perangkat kamu terhubung denagn sempurna atau tidak. Jika kemudian list menunjukkan perangkat ponsel pintar kamu, bisa lanjutin ke langkah selanjutnya. Kalau emang tidak, coba instal Driver ADB & Fastboot yang tepat seperti yang telah kami gubah diatas.
8. Setelah memastikan semuanya lancar, kamu perlu memilih Opsi Flashing yang tersedia dari tool ini. Ada tiga opsi flashing yang tersedia di Xiaomi Flash Tool. Kamu bisa memilih salah satu yang cocok untuk kebutuhan.
1.      Clean All – Opsi yang ini akan menghapus semua data tetapi tidak akan mengunci bootlaoder.
2.      Save User Data – Pilihan yang ini akan menyimpan data kamu dari media penyimpanan internal.
3.      Clean All and Lock – Opsi ini akan menghapus data kamu & juga akan mengunci bootlaoder dari perangkat ponsel pintar kamu.
9. Pilih opsi yang menurut kamu cocok dengan kebutuhan kamu & Tekan tombol "Flash" untuk memulai proses flashing.
10. Sekarang, proses ini akan secara otomatis mem-Flash file yang diperlukan dalam smartphone kamu. Proses ini biasanya bakal memakan waktu beberapa menit selama proses instalasi.
11. Seetelah semuanya berlangsung lancar, kamu akan melihat message yang berisi tulisan "success" setelah proses instalasinya selesai. Yeay! Kamu sudah berhasil menge-flash MIUI Fastboot dengan menggunakan Mi Flash Tool.
12. Selanjutnya, tool ini akan secara otomatis me-reboot ponsel xiaomi redmi 2 kamu. Kalaupun memang proses ini tidak terjadi kamu bisa secara manual melakukannya juga kok. Pastikan semuanya telah aman, cabut kabel dari smartphone dan coba hidupkan.

Itulah tadi opsi kedua dari cara flash xiaomi redmi 2 yang kami harapkan bisa membantu kamu jika mempunyai masalah. Tapi tidak hanya berhenti disitu, dua cara diatas juga bakal bisa membantu kamu untuk dapat memutakhirkan atau menurunkan versi ROM MIUI kamu saat ini hanya dengan mengunduh ROM MIUI Fastboot yang tebat. Jadi yang mau nyoba-nyoba ROM yang lebih gokil, bisa kok ikuti langkah yang telah kami siapkan diatas.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Panduan Lengkap Cara Flash Xiaomi Redmi 2 100% Berhasil"

Posting Komentar