Cara Flash Samsung Galaxy S7 Edge Sendiri Tanpa Bantuan


Flash ini flash itu, konsep ini cukup sering terdengar kalau kamu punya teman yang tipikal suka nyoba-nyoba hal baru dengan ponsel pintarnya terutama para Android Enthusiast. Tapi sebenarnya tahu ga sih kalau flashing itu sebenarnya sama aja kaya instalasi ulang OS di komputer atau laptop kamu. Flashing untuk perangkat Android jadi sangat krusial untuk dilakuin kalau kamu perlu menginstal ulang sistem operasi perangkat Android kamu karena beberapa masalah pada software nya atau emang kamu suka gonta-ganti ROM aja.

Flashing dilakukan terutama ketika opsi untuk nge-reset gak berfungsi untuk membantu menyelesaikan masalah. It’s no biggie tapi kesannnya yang rumit mungkin bisa bikin banyak orang merasa kalau mereka gak bakal bisa ngerjain ini. Well, kamu berada di artikel yang tepat terutama untuk yang punya handheld Samsung Galaxy S7 Edge, karena kali ini kami bakal ngejelasin cara flash samsung galaxy s7 edge dengan simple dan mudah diikuti.

Tahap Persiapan
Sebelum melangkah ke cara flash samsung galaxy s7 edge, ada beberapa langkah di fase persiapan yang kamu harus pastikan adanya biar ga ada masalah selama proses flashing berlangsung. Beberapa diantaranya adalah:
  • Komputer atau Laptop dengan OS Windows versi XP atau lebih baru.
  • Kabel Data USB yang punya kualitas yang baik. Beberapa dari kamu mungkin nanya “kenapa mesti ada kualitas yang baik?” Well, karena kalau kamu pake kabel yang ternyata ga bisa transfer data dengan sempurna, proses flash ini ga bakal berjalan sempurna. Sebaliknya malah bikin kamu merugi besar dengan potensi kehilangan gadget kamu.
  • Flashing Tool. Untuk tutorial ini kami menggunakan tool yang bernama ODIN karena interfacenya yang mudah dan terbukti ampuh untuk menjadi empunya cara flash samsung galaxy s7 edge.
  • Perangkat lunak yang asli dan otentik dari Samsung Galaxy S7 Edge yang biasa disebut Stock ROM SMG935FD (password: veflash.com). Langkah ini mungkin adalah yang paling krusial karena kamu mestik pastiin untuk menggunakan Stock ROM yang tepat dan cocok dengan nama dan nomor model perangkat Samsung yang kamu punya. Biasanya, tiap release product dari Samsung memiliki Stock ROM yang berbeda biarpun sama-sama Samsung Galaxy S7 Edge misalnya.
  • USB Driver

Flash Samsung Galaxy S7 Edge dengan PC

Kalau kamu sudah punya semua empat komposisi diatas, sekarang adalah tahap paling penting dari prosedur cara flash samsung galaxy s7 edge. Pastikan kalau kamu mengikuti semua langkah berikut ini untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Let’s Go!
  • Buka aplikasi ODIN Flash Tool dari PC kamu. Setelah membuka aplikasi ini kamu bakal ngelihat banyak opsi. Fokus pada proses flashing ini dengan mengikuti langkah kedua dibawah ini.
  • Klik tombol yang bertuliskan "BL" dan kemudian arahkan ke Stock ROM yang sudah kamu unduh tadi. Pilih file yang ada kata-kata "BL" di dalamnya.
  • Dibawah tombol BL ada tiga tombol lainnya – AP CP dan CSC. Untuk ketiganya ikuti perintah seperit pada langkah kedua dan pilih file yang sesuai dari dengan Stock ROM yang kamu punya. Pada tahap ini semua persiapan di bagian PC sudah selesai. Saatnya untuk mengalihkan perhatian ke handheld kamu.
  • Untuk memperlancar proses dalam cara flash samsung galaxy s7 edge ini, kamu per mematikan lalu boot Galaxy S7 Edge kamu ke Download Mode dengan menekan kombinasi tombol berikut secara bersamaan:

o   Home
o   Volume Down
o   Tombol Power
  • Setelah berhasil masuk ke download mode ini, kamu perlu untuk menyambungkan Galaxy S7 Edge kamu ke PC. Ingat! Pastikan posisi ponsel pintar kamu berada di lokasi yang nyaman dan tidak berpotensi tercopot selama proses flashing berlangsung.
  • Kalau semuanya udah ready, Klik tombol "Start" di antarmuka aplikasi ODIN tool.
  • Setelahnya, kamu perlu menunggu sekitar beberapa menit selama proses flashing berlangsung. Pastikan untuk tidak mencabut ponsel dari kabel connector-nya atau mematikan PC selama proses berlangsung
  • Jika semua proses berjalan lancar, kamu bakal melihat pesan notifikasi Pass di window Odin tool. Walaupun sudah mendapatkan notifikasi ini, jangan dulu cabut ponsel pintar kamu.
  • Setelah kamu menerima notifikasi keberhasilan proses flash, Galaxy S7 Edge kamu biasanya akan reboot. Proses reboot pertama ini biasanya bakal makan waktu lebih lama dari yang kamu perkirain jadi sabar dulu sebelum ngotak-ngatik dan restart device-nya.
  • Setelah berhasil masuk kembali, baru lepaskan perangkat ponsel pintar kamu dari PC.
Cara Flash Samsung Galaxy S7 Edge Tanpa PC
Kadang ada kondisi dimana kamu ga bisa akses PC kamu atau kamu ga merasa kondisi ponsel pintar kamu butuh bantuan PC untuk memperbaikinya. Nah, ada solusi lain untuk cara ini dengan gunain aplikasi yang namanya Mobile Odin Pro. Kemampuan Odin via PC ditransfer ke aplikasi Android untuk ngelakuin semua fungsi yang sama seperti sebelumnya kaya mem-flash ROM, kernel, memodifikasi elemen sistem operasi, dan banyak lagi.

Sekadar catatan: aplikasinya berbayar - $4,99 – tapi untuk price segini rasanya cukup adil kok, karena Odin terkenal adalah tool yang sangat hebat untuk perangkat Samsung. Kamu bisa beli APK-nya dari forum XDA Developers atau Google Play Store.

Untuk prosesnya sendiri, sangat identik dengan apa yang biasnaya kita Lakukan dengan Odin versi PC, tetapi kali ini kita dapat kenyamanan berinteraksi dengan media ponsel cerdas. Berikut ini rincian singkatnya:

1. Cari firmware yang ingin kamu instal di perangkat kamu. Ada banyak situs yang memiliki gudang firmware untuk semua produk Samsung, namun as usual, pastikan firmware-nya kompatibel dengan versi perangkat Samsung Galaxy S7 Edge yang kamu punya.
2. Install aplikasi Mobile Odin Pro, setelah aplikasi terintasl buka aplikasi tersebut.
3. Seperti yang kita tahu, Odin memberikan banyak opsi dalam aplikasinya tapi karena kamu mau flash ponsel kamu, Pilih Open File dan pilih firmware yang telah kamu unduh ke perangkat kamu dalam langkah pertama tadi. Biasanya, Mobile Odin Pro akan secara otomatis mendeteksi firmware ini kalau kamu menginstalnya di SD Cara, tetapi kamu mungkin tetap perlu mencari file yang tepat secara manual.
4. Setelah memilih file firmware kamu sendiri, kamu bisa memilih banyak opsi lain untuk dilakukan bersamaan dalam proses ini, seperti mengaktifkan Ever Root, menginstal SuperSU, dan banyak lainnya.
5. Setelah selesai, pilih opsi Flash Firmware dan proses ini akan dimulai. Jangan pernah membatalkan proses flash kala ia sedang berlangsung jika kamu tidak ingin berada dalam kondisi yang lebih sulit untuk me-revive handheld kamu.
Reminder: Sebisa mungkin pastikan ponsel kamu memilki daya baterai yang cukup selama proses ini berlangsung, karena kematian mendadak dari ponsel selama proses flashing bakal membawa masalah baru.

Meta desc: Membahas lengkap cara flash Samsung Galaxy S7 Edge tanpa PC ataupuna flash Galaxy S7 Edge dengan PC, guna mengatasi berbagai permasalahan error.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Flash Samsung Galaxy S7 Edge Sendiri Tanpa Bantuan"

Posting Komentar