Cara Flash Oppo R5 yang Mati Total


Matot alias mati total bukan lagi perkara yang menakutkan setelah membaca artikel ini. Faktanya adalah kejadian mati total ini cukup sering menimpa perangkat ponsel pintar dengan basis Android. Ada banyak ponsel Android diluar sana tapi kali ini kita bakal membahas cara flash oppo r5 mati total karena pengguna ponsel ini kerap menjadi salah satu korban utama dalam hal urusan mati total. Secara teknikal, mati total ini biasanya disebut bootloop dimana ponsel gagal untuk boot secara sempurna dan stuck dalam loop tersebut. Ada banyak alasan dibalik kejadian non-fenomenal ini, bisa saja masalah kala menginstal ROM yang salah atau mungkin kebiasaan over-powered device. Tapi tenang ikuti cara flash oppo r5 mati total dibawah ini, dan nikmati kembali sensasi seolah memiliki ponsel baru.

Cara Flash Oppo R5 Mati Total Tanpa PC

Baik, harus diakui memang cara ini adalah opsi paling simple dari berbagai cara flash oppo r5 mati total . Tetapi karenanya potensi keberhasilan dengan cara ini juga tidak selalu 100% karena mungkin perangkat yang kamu punya bisa saja punya masalah yang jauh lebih pelik. Anyway, sebelum ke deretan langkah untuk flash oppo r5 tanpa PC ini, kamu mesti siapin beberapa hal berikut:

1. External Memory Card – SD Card

2.  Firmware OPPO R5 – Untuk linknya ada banyak situs diluar sana yang menyediakan link ini, jadi kamu bisa pilih satu yang cocok
 untuk kamu. Jangan lupa untuk cek dan ricek semuanya cocok dengan perangkat kamu.
3. Persiapan terakhir ini lebih ke power dari perangkat kamu, sebisa mungkin pastikan battery level dari Oppo r5 kamu berada di minimal setengah kapasitasnya, karena kalau tiba-tiba mati pas proses flashing kamu bisa saja berada dalam kondisi yang lebih sulit dari sekedar bootloop.

Okay, setelah menyiapkan dua hal ini kamu bisa langsung ikuti langkah berikut:
  • Pertama, copy file Firmware OPPO R5 yang sudah kamu unduh tadi ke dalam media penyimpanan SD Card yang juga sudah kamu siapkan. Buat kamu yang kurang punya info tentang ini, biasanya file firmware itu bentukny di zip, rar, atau tar. Copy file dengan ekstensi tersebut ke dalam SD Card.Ambil ponsel kamu dan matikan. Setelah memastikan semuanya aman – baterai memiliki power. Masukkan SD Card yang sudah berisi Firmware tadi ke slot memory card ponsel kamu.
  • Setelah terpasang dengan aman, hidupkan ponsel Oppo R5 kamu tapi kali ini masuk ke mode Recovery. Cara mengakses mode ini adalah dengan menekan tombol Volume Down + Power secara bersamaan.
  • Kalau kamu mencetnya udah bener, kamu bakal ngelihat logo Android. Sampai pada tahap ini kamu bisa tekan tomboh Home satu kali dan masuk ke mode pemilihan Language atau Bahasa.
  • Setelah memilih bahasa yang ingin kamu gunakan pilih opsi Wipe Data & Cache. Proses ini biasanya akan berjalan beberapa menit. Jadi jangan parno terus matiin dan idupin lagi perangkatnya.

  • Setelah proses penghapusan data dan cache nya selesai, arahkan pilihan ke opsi Install from SD Card.  Pada tahap ini kamu akan melihat jendela explorer dengan banyak file yang merupakan isi dari SD Card kamu, pilih file yang telah kamu masukkan di langkah pertama dan tunggu sejenak untuk proses inisiasi flash.
  • Kalau kamu milih file yang benar, maka proses flash akan langsung berjalan. Tunggu sejenak karena tergantung pada kecepatan ponsel dan memory proses ini bisa memakan waktu beebrapa menit.
  • Kalau nanti prosesnya sudah selesai, pilih opsi reboot dan kali ini jangan masuk ke mode recovery. Biarkan ponsel Oppo R5 kamu loading sampai ke home screen.  Dalam pengalaman kami, biasanya proses booting pertama setelah flashing via SD Card ini agak lama, so be patient.


Cara Flash Oppo R5 Mati Total dengan PC

Jika memang cara flash oppo r5 mati total diatas gagal untuk bikin bergeming perangkat kamu, tenang! Kami masih punya satu jalan lagi untuk membantu kamu untuk menghidupkan kembali ponsel ini. Untuk opsi perbaikan yang ini kamu membutuhkan beberapa hal diantaranya:

1. PC/ Laptop dengan OS Windows
2. Tool MSM
3. Driver MSM
5. Kabel Connector PC ke Oppo R5 (Kabel Data)

Kalau PC kamu tidak bisa mendeteksi perangkat kamu dengan sempurna, ga ada salahnya untuk menginstal USB Driver untuk device kamu. Selain itu juga, perlu kami ingatkan sekali lagi, sebisa mungkin pastikan ponsel kamu memiliki level power baterai yang cukup biar ga mendatangkan masalah kedepannya. Selain itu, karena dalam tahap ini diperlukan koneksi antara PC dan ponsel, maka selalu pastikan mencabut sambungan antara kedua perangkat setelah semuanya aman.  Setelah memastikan semua kelengkapannya, lanjut ke cara flash oppo r5 mati total dibawah ini:
  • Matikan perangkat Oppo r5 kamu dan dalam kondisi yang sedang off tersebut, tekan tombol volume up sembari menghubungkan ponsel ke PC kamu.
  • Langkah ini harusnya akan membantu mendeteksi driver dari ponsel kamu. Jika memang tidak masih tidak terlihat, coba ganti ke volume down dan ulangi langkah pertama. Jika nantinya device kamu sudah ter-detect, lepaskan tangan dari tombol yang kamu tekan.
  • Lanjut, buka aplikasi MSM Tool yang sudah kamu unduh dalam fase persiapan tadi. Dalam beberapa kasus, biasanya tool ini akan mendeteksi ROM stock dari perangkat kamu jadi kamu tidak perlu repot-repot memuatnya. Jika memang tidak, kamu tetap bisa kok untuk memuat secara manual firmware yang sudah kamu unduh tadi.
  • Setelahnya, klik tombol Verify yang akan mengecek serta memulai tahap pertama dari integrasi firmware ke ponsel kamu. Proses ini biasanya cuma perlu waktu 1 hingga 2 menit dan berubah menjadi Verify OK!
  • Ada beberapa opsi lain dalam tool ini, tapi kami tidak menyarankan kamu untuk mencoba-coba yang tidak kamu ketahui. Cukup klik After Sales Upgrade Mode dan tekan Start.
  • Proses flashing dari perangkat kamu akan dimulai jika memang tidak ada yang salah dalam langkah sebelumnya.
  • Proses ini biasanya akan memakan waktu sekitar beberapa menit hingga akhirnya kamu bakal melihat notifikasi USB Download Complete.
  • Kalau kamu memakai MSM Tool yang baru, biasanya proses ini akan diakhiri dengan auto-reboot dari ponsel. Jika tidak, kamu bisa kok mencabut ponsel kamu dari PC dan menghidupkan secara manual.

Sama seperti pada opsi sebelumnya, booting pertama biasanya akan memakan waktu yang cukup lama. Sebisa mungkin menunggu dan tidak melakukan restart device. Jika semuanya berjalan lancar, kamu akan kembali dapat melihat setup wizard Oppo R5 kamu seperti baru keluar dari dusnya. Selamat mencoba!

Meta desc: tutorial bagaimana cara flash Oppo R5 mati total dengan pc dan tanpa PC menggunakan memori kartu SD. Flash ini untuk mengatasi Oppo R5 yang mati total atau bricked.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Flash Oppo R5 yang Mati Total"

Posting Komentar